fbpx

7 Elemen Penting Saat Membuat Landing Page











Sebelum Anda mulai membuat landing page untuk penjualan, Anda perlu terlebih dahulu menentukan goal apa yang ingin Anda raih. Apakah Anda ingin menambah daftar subscriber email Anda? memperkenalkan produk baru? Atau untuk memberikan voucher diskon pada layanan berlangganan?

Setelah Anda memiliki tujuan, pikirkan tentang pesan utama yang akan Anda sampaikan nantinya. Bagaimana penawaran Anda, apakah dapat menyelesaikan atau setidaknya dapat membantu masalah seseorang?

Kemudian Anda dapat memulai melakukan riset kata kunci. Secara umum Anda harus memikirkan sekiranya apa yang akan diketik orang ketika mereka mencari solusi untuk masalah yang dapat diselesaikan dengan cara membeli produk Anda. Dari situ, buatlah konten yang dapat menarik mereka mengunjungi landingpage Anda.

Sampai disini, Anda harus sudah memiliki tujuan, pesan, dan kata kunci. Barulah Anda dapat memulai membangun landingpage Anda. Mulailah memikirkan elemen yang ingin Anda tampilkan, seperti: CTA, video promosi penjualan, atau bahkan formulir.

Penting untuk diingat, bahwasanya sebuah landingpage yang efektif dan memiliki tingkat konversi tinggi, setidaknya memiliki sembilan elemen umum. Mari kita lihat masing-masing elemen itu secara lebih rinci lagi.

7 Elemen Penting yang Harus Ada pada Landing page

1. Judul Pemikat

Judul adalah tempat segala sesuatu dimulai, membangkitkan minat, merebut perhatian, dan memberikan pemahaman kepada orang yang pertama kali membacanya.

Inilah yang akan membuat pengunjung untuk mempelajari lebih banyak tentang apa yang Anda tawarkan. Beberapa kiat yang dapat Anda perhatikan dalam membuat judul yang memikat adalah sebagai berikut:

  • Judul utama harus menarik perhatian pembaca.
  • Sub judul harus memberikan gambaran kepada pembaca tentang produk atau layanan itu.

Penulisan judul harus pendek, jangan pernah Anda membuatnya lebih dari 20 kata, dan akan lebih baik lagi untuk membatasinya menjadi 10 kata saja.

Perlu juga dicatat bahwa jika pada bagian bawah judul Anda dilengkapi gambar yang menjelaskan produk atau layanan, maka Anda tidak perlu menulis secara detail judul tersebut.

Jika produk atau layanan Anda terlalu rumit untuk disimpulkan dalam 10 hingga 20 kata, menambahkan gambar yang akan membantu memperjelas pembaca sangatlah penting untuk dilakukan.

2. Gambar yang Relevan

Konten visual adalah komponen penting dari sebuah landing page yang memberikan tingkat konversi tinggi.

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Ini berarti bahwa pengunjung akan terpengaruh oleh gambar pada landing page Anda.

Ketika Anda memilih dan menempatkan gambar Anda, ingat satu hal:

Gambarnya harus besar.

Gambar-gambar yang ada pada landing page harus relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda menjual produk fisik, sangat penting landing page Anda berisi gambar produk yang jelas.

Jika Anda menjual jasa, tujuan utama gambar haruslah untuk menarik perhatian dan menunjukkan relevansi dengan pengunjung.

Gambar harus berkualitas.

Dan saat Anda menentukan gambar apa yang akan dilampirkan pada landing page, tetap fokus pada gambar yang berkualitas tinggi dan relevan. Ini bukan tempat untuk menampilkan stok foto atau pekerjaan Photoshop terakhir.

Lagi pula, jika gambar Anda adalah hal pertama yang diproses pengunjung, mereka berpotensi membentuk kesan pengunjung terhadap merek Anda bahkan sebelum mereka membaca tulisan Anda secara utuh.

Menggunakan gambar akan membuat pelanggan potensial menangkap pemahaman secara visual tentang apa yang akan mereka dapatkan. Dan itu merupakan pendekatan yang sangat bermanfaat untuk banyak bisnis terutama bisnis yang berbasis jasa.

Penting juga untuk diingat, banyak orang akan menilai merek Anda pada landing page yang mereka lihat, Anda harus memanfaatkan ini sebagai kesempatan untuk membedakan bisnis Anda dari pada pesaing.

3. Penjelasan Lengkap

Landing page Anda harus dibuat dengan penulisan penawaran yang sangat jelas. Lagi pula, jika pelanggan potensial tidak mengerti tentang produk atau jasa Anda, tentunya Anda akan kehilangan mereka. Jadi penjelasan langsung tanpa bertele-tele itu sangat penting.

Jika landing page Anda hanya untuk produk atau jasa sederhana, Anda mungkin bisa saja hanya mengandalkan judul utama dan subjudul.

Inilah yang harus diingat ketika Anda menulis penawaran pada landing page:

  • Penjelasan Anda dapat diselipkan dengan informasi utama Anda, atau dibuat secara terpisah.
  • Penjelasan harus berorientasi pada manfaat dan juga sebisa mungkin dapat memberikan solusi
  • Penjelasan bersifat fungsional dalam sudut pandang pembaca. Jadi, Anda tidak harus menulis dalam bentuk sub-judul yang banyak layaknya penulisan skripsi.

Masing-masing elemen pada landing page Anda mungkin tidak semuanya menjelaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan (karena perlu juga untuk mencantumkan testimoni). Tetapi jika digabungkan, elemen-elemen tersebut nampak jelas sebagai satu kesatuan landing page yang fokus terhadap penawaran produk atau jasa Anda.

Itulah sebabnya Anda harus memastikan semuanya dipahami dengan mudah oleh si pembaca. Meskipun mungkin, dari segi desain Anda ingin memberikan sentuhan unik sesuai dengan kreatifitas Anda, namun pesan utama Anda harus selalu jelas, karena itu yang akan membuat pembaca memutuskan untuk membeli/menggunakan produk Anda.

Anda juga dapat manfaatkan gambar untuk membantu penjelasan Anda. Karena ini akan jauh lebih mudah dipahami daripada penjelasan menggunakan teks, dan bagi sebagian besar pengunjung, landing page yang banyak memuat gambar terlihat jauh lebih menarik juga.

4. Profil dan Kontak

Anda dapat melampirkan beberapa dokumen pendukung. Setidaknya untuk memberikan informasi produk secara lebih rinci maupun profil bisnis Anda.

Apakah bisnis Anda legal?

Apakah sudah memiliki ijin edar dari BPOM (jika produk makanan/minuman/obat/kosmetik)

Anda harus menjelaskan hal-hal semacam itu di landing page agar profil bisnis Anda terbangun secara positif dan berhasil meyakinkan orang lain yang membacanya.

Beberapa landing page yang sangat persuasif yang pernah saya lihat memiliki beberapa cara agar memudahkan pembaca menghubungi Anda, termasuk nomor telepon, alamat toko/produksi, alamat email, dan formulir kontak. Jika Anda mencantumkan itu semua, akan sangat membantu memperkuat kepercayaan pada produk dan layanan Anda.

Inilah yang harus diingat ketika Anda menambahkan informasi kontak ke halaman arahan Anda:

Pada tingkat paling dasar, berikan jaminan bahwa Anda adalah perusahaan yang nyata. Biasanya, ini dilakukan dengan cara mencantumkan alamat toko/kantor dan nomor telepon.

Obrolan langsung yang ditampilkan pada landing page juga sangatlah membantu, misalnya menggunakan live chat atau button whatsapp yang langsung terhubung dengan tim penjualan Anda.

Pada dasarnya semua kembali terserah Anda untuk menentukan opsi mana yang akan diberikan kepada pengunjung Anda untuk dapat menghubungi untuk selanjutnya diarahkan kepada konversi penjualan.

Semakin mudah Anda membuat pengunjung menghubungi Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan mengambil tindakan melakukan pemesanan.

5. Jaminan atau Garansi

Pelanggan sangat menyukai garansi. Terlepas dari bagaimana garansi itu diberikan, namun elemen ini dapat membantu orang cepat yakin saat membaca penawaran Anda. Bahkan dari kata “garansi” itu sendiri sudah dapat meningkatkan kemungkinan konversi yang lebih baik.

Inilah yang harus diingat ketika Anda membuat satu untuk halaman arahan Anda:

Jaminan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Pilih jenis jaminan yang sesuai untuk jenis bisnis Anda, dan nyatakan jaminan ini pada landing page Anda.

Tempatkan keterangan garansi tersebut dekat dengan CTA. Maksudnya adalah agar dapat membuat pelanggan potensial merasa nyaman dan aman sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Dalam menuliskan garansi, sebaiknya pergunakan juga ikon badge yang biasanya berbentuk perisai. Tujuannya adalah agar dapat memberikan keterangan secara visual kepada pembaca bahwa bertransaksi dengan Anda dapat dipercaya.

6. Testimoni Pembeli/Customer

Lampirkan beberapa screenshot foto chat yang menunjukkan kepuasan seseorang yang pernah bertransaksi dengan Anda. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa seseorang akan mudah untuk percaya setelah melihat pendapat customer yang pernah membeli/menggunakan jasa Anda. Dengan menggunakan testimoni, ini lebih efektif untuk menggiring calon pelanggan membuat keputusan membeli.

7. CTA (Call To Action)

CTA adalah rangkaian kalimat yang mengajak pembaca untuk membeli produk Anda dengan cara mengklik tombol tertentu atau dengan mengarahkan pembaca ke halaman pemesanan. CTA yang baik adalah kalimat yang memberikan penekanan mengapa sebaiknya pembaca melakukan pemesanan saat itu juga tanpa menunda.

Berikan juga informasi kerugian apa yang akan mereka dapatkan jika tidak melakukan pemesanan saat itu. Tujuannya jelas, agar konversi dapat meningkat.

8. Bonus untuk Pelanggan Tercepat

Akan semakin baik, apabila Anda memberikan bonus kepada beberapa orang tercepat yang melakukan pemesanan. Bonus ini dapat berupa potongan harga, gratis ongkir, atau voucher yang berlaku untuk pembelian selanjutnya. Pastikan bonus yang Anda berikan agar tetap relevan dengan produk. Jika Anda menjual sepatu pria, maka bisa saja memberikan bonus sepasang kaos kaki untuk 10 pembeli pertama setiap harinya.

Jasa Membuat Landing page/Website Profesional

Membuat landing page memang dibutuhkan keterampilan khusus. Tak hanya tentang bagaimana cara membuat website dari sisi coding dan instalasinya, tapi juga kemampuan menulis dan mengkomunikasikan penawaran agar maknanya sampai kepada calon pelanggan.

Meskipun sebenarnya, kesemuanya itu bisa dikerjakan oleh Anda sendiri. Akan tetapi terkadang waktu yang sangat terasa padat, membuat Anda tidak memiliki kesempatan lebih banyak untuk mempelajarinya. Apabila Anda tertarik menggunakan jasa pembuatan landing page atau website maka silahkan klik link di bawah ini

Jasa Pembuatan Landing Page | Bandung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *