fbpx

Kuasai Mindset Ini Agar Iklan Facebook Tidak Boncos

Udah Ngiklan Tapi Penjualan Stagnan?











Tidak sedikit orang yang mengalami kejadian seperti yang Anda alami saat ini. Sudah mengeluarkan budget sekian rupiah buat ngiklan di FB ataupun instagram namun tidak terjadi penjualan sesuai dengan harapan. Padahal, katanya dengan beriklan itu sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Istilah populernya iklan facebook kita boncos. Hehe

Baik, bagi Anda yang mengalami hal ini tidak perlu khawatir dan bingung. Karena pada artikel ini kita akan membahasnya secara detail namun dengan penyajian tetap singkat.

Materi ini sebenarnya tergolong kepada kelas pemula ya, atau beginner. Jadi bagi Anda yang belum pernah beriklan, atau sudah pernah beriklan tapi hasilnya masih mengecewakan, bisa melanjutkan untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Atau jika Anda termasuk orang yang lebih mudah belajar dengan video, silahkan tonton video di bawah ini

Mindset Iklan Facebook

Oke kita langsung pada topik saja ya.
Hal pertama yang harus dikoreksi dari iklan Anda adalah “mindset” pengiklan-nya. Beriklan yang benar itu bukan sekedar mengaktifkan iklan di media sosial atau google lhoo. Sebelum membahas teknis kita bahas ranah konsepnya dulu.

Beginiā€¦

Jika diilustrasikan, pemasaran adalah aktivitas memancing. Maka, ketika Anda melakukan pemasaran kurang lebih seperti ini ya.

Nah, ketika Anda beriklan, maka ilustrasinya akan menjadi seperti ini.

Kailnya jadi banyak, sehingga dengan memancing seperti ini peluang kita mendapatkan ikan jadi lebih besar juga. Begitu logikanya ya.

Maka ketika kita beriklan postingan kita akan dilihat lebih banyak orang. Dan berpeluang terjadinya penjualan lebih besar dibandingkan penawaran kita hanya dilihat oleh follower yang ada di akun kita saja.

Iklan akan memboosting postingan kita tampil kepada lebih banyak akun milik orang. Dengan target audiens yang bisa kita tentukan.

Lihat kan?

Jadi saat kita beriklan dan tidak beriklan itu perbedaannya hanya jumlah orang yang melihatnya saja.

Maka, apa yang bisa kita simpulkan?

Beriklan tidak serta merta membuat jualan Anda auto laris. Lebih tepatnya, dengan beriklan peluang terjadinya penjualan itu lebih besar.

Karena semuanya itu tergantung dari konten iklan juga!

Gunakan Umpan Terbaik

Yes, konten iklannya diperhatikan. Kalau cuma postingan biasa, terus kita iklankan tanpa ada daya tarik tambahan, iklan Anda hanya akan mencapai awareness aja. Jangankan untuk penjualan, mengarah kepada leads aja agak sulit biasanya.

Contoh daya tariknya, bisa kita tambahkan apa yang biasa disebut dengan “scarcity” ditambah dengan optimasi desain grafis yang menarik.

Misalnya:

-Promo khusus pemesanan hari ini diskon 65%
-Stok hanya tersedia 30 unit setiap harinya
-Bonus voucher pulsa 50rb untuk 3 pembeli pertama setiap harinya

Itu beberapa contoh yaa, pastinya Anda bisa mencari contoh-contoh lainnya. Intinya agar orang-orang yang sudah melihat iklan kita itu mau melanjutkan action, bertindak sesuai dengan keinginan kita sebagai pengiklan. Jadi target audiens jangan dibiarkan bukan cuma membaca, melihat atau menonton aja.

Entah itu diarahkan agar cepat membeli, atau mungkin sebatas mengisi form juga bisa saja. Karena tidak semua iklan harus langsung berjualan. Bisa saja kan, Anda mengajak orang-orang untuk join group Whatsapp atau telegram, dan nanti setelah mereka join baru deh ditawarin produk/jasa kita.

Bagi Anda yang sudah terbiasa beriklan tentunya sudah tahu dengan strukur iklan, terutama di facebook ads atau instagram ads. Tapi gak ada salahnya yaa kita coba untuk ulas kembali, terlebih lagi bagi yang belum pernah beriklan.

Jadi facebook dan Instagram itu memberikan keleluasaan kepada kita sebagai pengiklan atau advertiser untuk melakukan pengaturan terhadap iklan yang akan ditayangkan. Jadi kalau hasilnya tidak sesuai dengan harapan, itu berarti dari sisi pengaturan iklan dan materi iklannya yang harus diperbaiki.

Persiapan Ngiklan

Baiknya sebelum ngiklan kita persiapkan terlebih dahulu beberapa hal penting di bawah ini. Agar iklan Anda gak boncos..!

  1. Siapkan program promosi menarik
    -Beli 1 gratis 1 untuk hari ini
    -Voucher cashbaCk 50% untuk pembeli selama 7 hari kedepan
    -Gratis ongkir untuk 10 orang pembeli pertama setiap harinya
  2. Siapkan materi iklan terbaik
    Materi iklan bisa berupa foto produk, video atau carousel post. Kalau berdasarkan pengalaman saya, saat ini materi terbaik itu berbentuk video pendek. Anda bisa bikin video review dari pelanggan, atau video yang menjelaskan keunggulan produk Anda.
  3. Setting iklan tampil hanya kepada market Anda
    Anda harus mendefinisikan terlebih dahulu, seperti apa target market Anda. Dalam bahasa lainnya, kita harus tahu dengan buyer persona dari produk kita.

Karena dengan mengetahuinya, akan sangat membantu kita ketika nanti mengatur iklan. Bisa dengan membatasi iklan kita agar bisa tayang hanya kepada jenis kelamin tertentu, daerah tertentu, bahkan orang-orang yang memiliki minat tertentu.

Baik kiranya cukup sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga Anda dapat menyimpulkan langkah apa selanjutnya yang akan dilakukan untuk perbaikan strategi beriklan Anda.

Jika ada pertanyaan seputar pembahasan tadi, silahkan tinggalkan komentar. Dan jangan lupa untuk kembali lagi di channel ini, karena pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang struktur iklan di Facebook Ads.

Baca juga: Bagaimana Agency Digital Marketing Membantu Bisnis Anda Berkembang Pesat?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *