fbpx

Perbedaan Landingpage dan Website

Sebagian orang belum memahami secara jelas apa perbedaan website dan landingpage. Hal ini dapat ditemukan dengan masih banyaknya orang yang menghubungi tim marketing ultimatoom ketika akan menggunakan jasa pembuatan website di ultimatoom, masih sering bertanya apa perbedaan antara website dan landingpage melalui chat Whatsapp yang masuk.

Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan sebagai paltform digital, namun sejatinya antara website dan landingpage adalah dua hal yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara singkat dan padat apa saja perbedaan antara website dan landingpage.

Persamaan Website dan Landingpage

Agar lebih memudahkan kita dalam memahaminya, sebaiknya kita bersama-sama bahas terlebih dahulu apa saja persamaan antara website dan landingpage.

Membutuhkan Domain

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Domain ini biasanya berakhiran .com, .id, .co.id dan sebagainya. Baik website ataupun landingpage membutuhkan domain sebagai alamat URL untuk pengguna mengaksesnya di halaman browser mereka.

Memerlukan Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan database website atau landingpage. Ukuran dan spesifikasi hosting ini berbeda-beda. Anda tidak perlu memiliki hosting sendiri, karena bisa menyewa shared hosting di pihak ketiga. Dan baik itu website ataupun landingpage, keduanya sudah tentu harus memiliki hosting untuk bisa membuatnya online.

Perbedaan Website dan Landingpage

Nah sekarang mari kita simak apa saja perbedaannya website dan landingpage. Informasi ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung apakah sebaiknya memilih untuk membuat website atau landingpage? Selamat membaca yaa.

Perbedaan dari Sisi Konten

Website adalah situs kompleks yang didalamnya terdapat beragam kategori informasi yang saling berkaitan. Jika diibaratkan website adalah sebuah buku. Ada halaman kata pengantar, bab 1, 2, 3 dan seterusnya. Sedangkan landingpage hanya memuat satu topik saja. Landingpage dapat diibaratkan selembar kertas yang berisi tulisan tentang satu topik namun diulas secara detail. Intinya, website fokus terhadap banyak informasi yang masih berkaitan. Sedangkan landingpage hanya berfokus terhadap satu informasi.

Perbedaan dari Sisi Desain

Website memiliki banyak menu dan tautan untuk memudahkan pengguna mengakses informasi lebih lanjut. Oleh karenanya desain yang dibuat untuk website lebih kompleks daripada landingpage yang hanya memiliki satu halaman saja. Hal ini berpengaruh terhadap proses pembuatannya. Untuk mendesain website memerlukan waktu lebih panjang daripada landingpage.

Perbedaan dari Sisi Harga

Pembuatan landingpage cenderung lebih murah karena developer website hanya membuat kerangka coding untuk satu halaman saja. Sedangkan website memerlukan banyak desain di setiap halaman. Hal ini mempengaruhi harga jasa pembuatannya. Meskipun landingpage terkesan lebih sederhana, namun bukan berarti mudah pembuatannya. Terutama pada bagian konten yang harus ditulis dengan teknik copywriting agar menghasilkan tingkat konversi yang tinggi.

Perbedaan dari Sisi Tujuan Penggunaan

Website digunakan oleh instansi/perusahaan/perorangan yang ingin menjangkau pembaca lebih luas. Meningkatkan brand awareness terhadap merk bisnisnya, dan menjalin hubungan dengan calon pelanggan melalui konten-konten yang disediakan. Inilah mengapa dalam satu halaman website tersedia banyak link yang lain, terutama untuk konten sejenis.

Sedangkan landingpage memiliki tujuan konversi. Biasanya digunakan untuk menjual satu produk atau jasa. Di akhir halaman menggiring pembaca untuk melakukan “action” atau tindakan. Entah itu menekan tombol order, atau menekan tombol whatsapp untuk terhubung dengan proses pemesanan. Itulah mengapa didalam landingpage tidak tersedia banyak menu atau link, karena itu akan membuyarkan fokus si pembaca dan menurunkan tingkat konversi.

Contoh Tampilan Website

Secara umum, website memiliki header yang didalamnya terdapat menu yang dapat dipilih oleh pengunjung ketika berada di halaman beranda. Contoh tampilan website dapat Anda lihat dari screenshot berikut ini, (Jika gambar blur, bisa klik link >>ini)

Contoh Tampilan Landingpage

Landingpage hanya berfokus terhadap satu topik untuk mengkonversi pembaca menjadi pengguna jasa/pembeli. Biasanya di bagian awal langsung dibuka dengan Judul landingpage. Berikut contoh landingpage, (Jika gambar blur, bisa klik link ini.)

Kesimpulan

Landingpage memiliki struktur vertikal, dimana antara paragraf pertama dan seterusnya saling berkaitan. Dengan alur bahasa yang mengalir, dan pada bagian akhir pengunjung landingpage akan diarahkan untuk melakukan action tertentu, sesuai dengan target landingpage tersebut dibuat.

Sedangkan website memiliki struktur vertikal dan horizontal. Pengunjung website bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke yang lainnya. Pengunjung dapat membaca topik yang berbeda namun masih berhubungan. Dan jika Anda memiliki website, Anda bisa membuat landingpage di dalamnya. Namun tidak berlaku demikian dengan landngpage.

Membutuhkan Jasa Landingpage?

Ultimatoom.com menawarkan jasa pembuatan landingpage. Anda dapat memiliki landingpage untuk menjual produk atau jasa Anda. Karena landingpage lebih fokus terhadap konversi, selain itu biaya pembuatan relatif lebih murah daripada Anda membuat website yang memiliki konten kompleks. Untuk mengetahui harga landingpage, silahkan kunjungi halaman penawaran Jasa Pembuatan Landingage