digital marketing dari nol, Panduan Digital Marketing dari Nol

Artikel

Panduan Digital Marketing dari Nol

Memulai digital marketing dari nol untuk memperluas jangkauan market bisnis Anda adalah hal yang tepat dilakukan saat ini. Mengingat semakin banyaknya orang yang sudah terhubung dengan internet. Hampir setiap hari tidak bisa terlepas dari gadget. Bahkan kebutuhan paket data internet saat ini sudah dipandang sebagai kebutuhan primer.

Lalu pertanyaan terbesar bagi seseorang yang baru akan memulai menjalankan digital marketing adalah “Saya harus mulai dari mana?”

Ya! Hampir sebagian besar orang yang baru akan terjuang mengawali digital marketing kebingungan harus memulainya dari mana. Mungkin termasuk juga Anda?

Kalau begitu silahkan lanjutkan untuk membaca artikel ini. Karena akan mengulas secara padat, hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan agar proses digital marketing Anda tidak salah langkah.

Memulai Digital Marketing, Harus Dari Mana?

digital marketing dari nol, Panduan Digital Marketing dari Nol

Sebagai seorang pemula, sangatlah wajar jika Anda menghadapi kebingungan. Apalagi jika pribadi Anda bukan termasuk orang yang cepat belajar. Karenanya, ada hal-hal yang memang harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti berikut ini.

Kenali Arah Bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat kembali analisa model bisnis Anda. Apa produk dan jasa yang Anda jual, kemudian siapa target market potensial Anda. Dan bagaimana proses transaksi akan terjadi? Apakah hanya melalui online atau harus bertemu langsung antara anda dan calon pelanggan?

Dari situ Anda akan mengetahui media sosial apa yang cocok untuk di optimasikan sebagai saluran pemasaran Anda di internet. Karena setiap media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan sebagainya memiliki karakteristik pengguna yang berbeda.

Jika pelanggan Anda didominasi oleh usia dewasa sekitar 35 tahun keatas, maka media yang paling tepat adalah mengoptimalkan facebook dan youtube.

Bangun Perangkat Digital Bisnis Anda

Perangkat digital ini bisa saja dimulai dengan membeli laptop atau smartphone yang khusus untuk mengelola aktivitas digital marketing. Setelah itu barulah kemudian Anda membuat beberapa akun official di media sosial. Pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu siapa calon pelanggan yang Anda bidik.

Facebook Halaman

Membuat akun facebook untuk bisnis bukanlah membuat akun facebook profil biasa. Namun sebaiknya Anda menggunakan facebook halaman (fanpage). Karena dengan menggunakan itu, Anda bisa mengiklankan produk/jasa Anda di facebook. Jadi, facebook profil itu berbeda yaa dengan facebook halaman. Pengguna facebook ini berasal dari semua kalangan, dengan sebagian besar mereka yang telah berusia dewasa.

Akun Instagram

Bagi Anda yang memiliki target market milenial, menggunakan instagram adalah pilihan tepat. Karena sebagian besar pengguna instagram didominasi oleh kaum milenial. Terlebih lagi produk Anda adalah fashion. Karena Instagram adalah platform media sosial yang lebih menonjolkan grafis/foto. Instagram juga memiliki dukungan untuk profil bisnis. Jadi pastikan Anda membuat akun instagram dengan pilihan profil bisnis, bukan akun personal yaa.

Baca juga tips tentang Instagram: Cara Meningkatkan Interaksi dan Follower Instagram

Akun Twitter

Sedangkan twitter lebih digunakan oleh profesional. Mereka yang memiliki kekhususan terhadap profesi, seperti: Politisi, Penulis, Tokoh, Akademisi dan sebagainya.

Selain itu, saat ini pengguna twitter juga menyentuh kaum pelajar. Karena twitter memiliki fitur yang unik sebagai media sosial yang dikenal lebih banyak mempopulerkan istilah-istilah khas anak muda seperti “kaum rebahan, santuy” dan sebagainya. Ditambah lagi saat ini twitter akan meluncurkan fitur Twitter Fleets, yang dikabarkan fitur ini mirip dengan instastory di Instagram dan Facebook.

Akun Whatsapp Bisnis

Apakah saat ini Anda telah menggunakan whatsapp? Jika iya, itu bagus. Namun sebaiknya Anda beralih dari akun biasa ke whatsapp bisnis. Untuk membuat akun whatsapp bisnis, Anda bisa menggunakan nomor baru atau dengan mengganti WA lama ke WA bisnis.

Keunggulan memiliki WA bisnis adalah ada fitur yang berbeda. Di WA bisnis Anda dapat lebih detail menuliskan profil bisnis Anda, termasuk menulis info jam buka pelayanan pelanggan. Bahkan, di WA bisnis Anda bisa membuat katalog sendiri. Jadi, pelanggan bisa berbelanja langsung melalui whatsapp.

Akun Youtube

Nah, membuat akun youtube ini bisa dilakukan ketika jumlah pelanggan mulai bertambah. Dengan membuat channel youtube, Anda dapat dengan lebih leluasa mengunggah katalog dalam bentuk video review atau menampilkan cuplikan-cuplikan testimoni pelanggan dengna durasi yang optimal.

Memang memaintenance channel youtube lebih sulit ketimbang akun media sosial lainnya. Karena Anda harus memproduksi video untuk mengupdate konten. Tidak sesederhana mengupdate konten twitter ya.

Buat Website

Website dapat diibaratkan toko Anda di internet. Di website Anda bisa membuatnya dengan melengkapi fitur e-commerce, sehingga Anda dapat mengunggah katalog, sekaligus mengaktifkan fitur transaksi. Kalau sudah begini, website bisa secara otomatis melayani pembelian. Dan tentunya, Anda dapat dengan lebih leluasa mengatur promosi. Karena bisa dengan bebas membuat voucher diskon kapan saja.

Namun membuat website memang tidak murah dan tidak mudah. Dibutuhkan waktu yang tidak dalam hitungan jam. Mungkin bisa sampai 5 hari, seminggu atau bahkan berbulan-bulan. Tergantung dari seberapa rumit fitur website yang Anda ingin buat.

Agar Anda mendapatkan gambaran lebih lengkapnya, silahkan baca arikel sebelumnya yang berjudul “keunggulan memiliki website untuk bisnis“.

Fokus Terhadap Follower atau Traffic

Di media sosial, tentunya Anda harus melakukan maintenance secara rutin dengan cara melakukan update konten dengan konsisten. Dan itu adalah upaya yang paling baik untuk menambah follower atau jumlah like fanpage Anda.

Sedangkan untuk website, Anda bisa mengoptimasi SEO agar jumlah pengunjung website bertambah banyak. Karena penentu keberhasilan digital marketing adalah seberapa banyak orang-orang mengunjungi website/memfollow akun media sosial Anda.

Ini yang sebagian besar orang melupakan. Follower dan traffik adalah kunci dari keberhasilan marketing di internet. Percuma saja konten media sosial bagus, atau konten website Anda keren namun tidak ada pengunjung yang datang.

Jadi Anda tidak cukup dengan hanya membuat infrastruktur saja kemudian berpangku tangan berharap orderan akan ramai. Ingat! Pelaku bisnis yang menggunakan digital marketing bukan hanya Anda, tapi juga pesaing Anda pun melakukan hal yang sama.

Perhatikan Konversi Penjualan

Setelah semua proses pembangunan infrastruktur digital marketing dari nol selesai dibuat, dan sudah dirunning strateginya. Maka Anda harus memperhatikan seberapa besar konversinya terhadap penjualan. Untuk mengetahui ini memang tidak bisa dilakukan hanya dalam sebulan. Setidaknya Anda harus sudah menjalankan digital marketing selama 3 bulan agar data yang dikumpulkan cukup sehingga hasil analisa lebih jelas.

Jika konversi penjualan masih dirasakan kurang, cobalah dengan mengganti strateginya. Bisa saja dengan menjalankan strategi endorsment atau dengan menjalankan advertising digital di SEM (Search Engine Marketing) atau SMM (Social Media Marketing).

Fokus Membangun Database

Dengan memiliki infrastruktur yang lebih banyak keuntungannya adalah Anda dapat membangun database calon pelanggan lebih cepat. Bahkan ketika calon pelanggan sudah menjadi pelanggan, maka database itu akan sangat berguna sekali. Baik untuk optimasi repeat order maupun untuk membuat kuisioner ketika akan launching produk/jasa baru.

Ketika Anda mendapatkan seorang pembeli, jangan sampai databasenya tidak tercatat. Karena itu akan menjadi “tambang emas” bagi Anda. Karena memasarkan produk kepada orang yang sudah pernah membeli produk Anda secara cost lebih murah ketimbang memasarkannya kepada orang baru.

Perlu Jasa Digital Marketing dari Nol?

Tidak perlu khawatir memulainya dari nol, karena lebih baik terlambat daripada bisnis Anda bangkrut lantaran kalah oleh pesaing yang sudah terlebih dahulu menjalankan digital marketing. Nah, Bagi Anda yang berada di Bandung dan sekitarnya, ada banyak sekali agency digital marketing Bandung yang menawarkan dirinya untuk membuat infrastruktur digital marketing dari nol sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Namun sebaiknya Anda harus memastikan kesiapan diri Anda sebagai pebisnis sebelum menghubungi mereka.

Anda bisa baca lagi bagian awal, perihal mengetahui arah bisnis Anda. Karena hal tersebut harus dikomunikasikan kepada si penyedia jasa digital marketing. Agar strategi digital yang diterapkan sesuai dengan harapan dan goals bisnis Anda. Mengingat, proses digital marketing Anda ini akan dimulai dari nol.

Digital Marketing Agency di Bandung

Ultimatoom.com adalah salah satu agency digital marketing yang menawarkan berbagai jasa digital marketing sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan, di ultimatoom.com Anda akan dibantu untuk membuat analisa atas bisnis Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar ultimatoom memiliki gambaran yang jelas harus menerapkan strategi yang seperti apa dalam menjalan digital marketing bisnis Anda.

Biasanya sebelum proses dealing, akan dilakuakn assesment terlebih dahulu. Biasanya dilakukan melalui proses wawancara , melalui email atau melalui chat whatsapp. Tim ultimatoom akan mengidentifikasi, model marketing seperti apa yang cocok dan bisa diterapkan untuk memasarkan produk atau jasa Anda di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp