, Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Artikel

Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Kali ini Saya mau membahas mengenai apa pentingnya website dan kenapa bisnis Anda harus mempunyai website lebih daripada sekedar terdaftar di sosial media dan marketplace. Mau tahu alasannya? Silahkan lanjutkan untuk membaca.

Bill Gates pernah berkata:

“if your business not on the internet, then your businesss is out of business”

Ini adalah pernyataan yang patut kita waspadai karena akan sulit untuk menjual sesuatu kalau kita hanya mengandalkan penjualan secara offline, sedangkan saat ini adalah eranya online atau internet.

Jadi agar bisnismu cukup kompeten untuk bersaing dengan kompetitor lain Anda perlu mempelajari cara berjualan secara online pesatnya perkembangan teknologi berhasil memunculkan berbagai aplikasi bahkan beragam gadget yang mempermudah kita terhubung dengan world wide web.

Nah informasi ini memang bukan hal yang baru, tapi banyak orang yang masih belum memahami pentingnya sebuah website. Meskipun memang, media sosial dan marketplace bisa juga menjadi solusi bagi Anda yang mau berjualan tapi nggak mau ribet mengurus website.

Tapi berjualan di marketplace dan media sosial juga mempunyai resiko yang tinggi kenapa karena mereka memiliki banyak kebijakan yang bisa berubah sewaktu-waktu. Dan kebijakan tersebut pastinya akan mempengaruhi kinerja bisnis Anda di dunia online.

Mengapa Sebaiknya Tidak Mengandalkan Media Sosial Saja??

Untuk membuat Anda semakin yakin, bahwa dalam berbisnis di era saat ini harus memiliki website. Simak realitas berikut, kita akan bersama-sama mengkaji beberapa platform media sosial yang pernah fenomenal namun runtuh dan menghilang begitu saja.

Pertama adalah Friendster

, Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Media sosial ini memiliki fitur personalisasi akun. Friendster tersebut sangat hits tahun 2000-an karena penggunanya aktif. Dan berhasil mempunyai 115 juta member di seluruh dunia pada tahun 2008. Namun kejayaan media sosial friendster ini tak berlangsung lama. Facebook, yang ketika itu sedang merangkak naik dengan cepat menarik hati para pengguna internet diseluruh dunia. Akibatnya media sosial ini terbebani masalah teknis, sehingga pada 2006 penggunanya turun secara drastis dan mulai ditinggalkan sejak 2011.

Kedua adalah MySpace

, Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

MySpace menjadi media komunikasi band-band atau artis dengan para penggemarnya. MySpace ini sangat populer pada tahun 2006 hingga menjadi media sosial paling populer di amerika serikat saat itu. Saat berada di puncak popularitasnya pengunjung dapat mencapai 75,9 juta orang dalam sebulan, namun kondisi itu juga tak bertahan lama dan pengguna terus berkurang seiring waktu.

Dan yang Ketiga adalah Path

, Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Path adalah media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto memandang status terbaru mereka kepada kontak dengan jumlah yang terbatas. Awalnya membatasi jaringan sosial setiap pengguna hingga 50 teman namun seiring berjalannya waktu pas menambahkan limit teman menjadi 150 akun pada 28 mei 2015 telah diakuisisi oleh kakaotalk, path pun mulai menghentikan layanan yang pada 17 September 2018, dan pada akhirnya menutup akses bagi para penggunanya pada 18 oktober 2018.

Cerita diatas setidaknya menjadi pengingat bagi Anda, perihal risiko yang ditimbulkan bila  terlalu bergantung kepada layanan media sosial atau marketplace. Karena setiap perubahan kebijakan mereka dapat mempengaruhi bisnis yang tengah Anda perjuangkan.

Kesimpulan, Seberapa Penting Website untuk Bisnis Anda

 

, Keunggulan Website Dibandingkan Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis

Mengutip dari wikipedia, Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berkaitan yang umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan baik mengatasnamakan perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Oleh karena itu media terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mempunyai kendali penuh atas brand Anda di internet adalah melalui website pribadi dan dengan adanya website pribadi berarti Anda dapat membangun brand dan aset yang kedepannya bisa Anda kembangkan dan kontrol sepenuhnya.

Ada banyak sekali jenis website diantaranya company profile, toko online, blog, web portal search engine, forum sharing dan lainnya.

Jadi kalau disederhanakan, mempunyai website dapat diibaratkan seperti memiliki rumah toko atau showroom sendiri. Di sisi lain media sosial atau marketplace mirip seperti kontrakan atau sewaan yang lebih cocok sebagai media untuk melakukan promosi atau bertransaksi.

Tapi Anda juga perlu memperkenalkan keberadaan website dengan domain Anda sendiri, dimana produk atau portofolio Anda tersedia 24 jam bisa diakses oleh calon pelanggan. Dan informasi bisa disusun lebih lengkap, karena disanalah identitas bisnis Anda di internet bisa ditemukan. Bagi Anda yang ingin konsultasikan tipe website apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda silahkan cek halaman : Jasa Pembuatan Website untuk Bisnis

Semoga artikelnya bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis komentar di bagian bawah artikel ini.

Baca juga: 13 Manfaat Nyata Memiliki Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp