manfaat website untuk bisnis, 13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Artikel

13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa saja manfaat website untuk bisnis dan pemasaran. Sehingga, banyak diantaranya merasa bahwa bisnisnya masih belum membutuhkan website. Padahal di era digital saat ini, trend digital dan internet sudah merasuk kedalam setiap sisi kehidupan kita. Perilaku orang pun mulai berubah, bukan saja perubahan yang sedikit tapi perubahan yang drastis.

manfaat website untuk bisnis, 13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Oleh karena itu, setelah artikel sebelumnya kita membahas panduan email marketing, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja manfaat website untuk bisnis. Baik bisnis skala perseorangan ataupun skala perusahaan.

Namun sebelum membahas lebih rinci, saya mengajak Anda untuk sedikit membayangkan 20 tahun yang lalu saat belum banyak pengguna internet. Ketika Anda ingin membeli makanan maka Anda harus keluar dari rumah untuk pergi ke restoran atau cafe terdekat, kemudian membayarnya dan kembali lagi ke rumah. Proses dari Anda menginginkan makanan dan mendapatkannya hingga mengkonsumsinya masih terbilang panjang, dan banyak effort yang harus Anda keluarkan.

Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, dimana Anda sudah bisa terhubung dengan internet. Memesan makanan bisa melalui smartphone, Anda memilih menu yang diinginkan dan membayarnya. Tanpa harus keluar rumah, karena makanan akan dikirimkan oleh kurir atau ojek online. Effort yang Anda keluarkan lebih sedikit, namun keinginan Anda bisa terpenuhi bukan?

Setelah membayangkan ilustrasi diatas, sekarang saatnya kita bahas lebih detail lagi, apa saja manfaat website untuk bisnis dan pemasaran.

Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Mempermudah orang lain menemukan informasi bisnis Anda

Website akan menghimpun informasi lebih lengkap mengenai profil bisnis dan juga produk/jasa yang Anda tawarkan. Sehingga dapat diibaratkan website sebagai kantor atau ruko bisnis Anda di internet. Terlebih lagi jika SEO website Anda dioptimasi dengan baik sehingga dapat muncul di halaman pencarian google. Dengan munculnya website di halaman google, maka orang lain lebih mudah menemukan informasi tentang bisnis Anda.

Jadi memiliki website saja masih belum cukup, Anda harus memikirkan bagaimana caranya website Anda dikunjungi oleh banyak orang. Terutama mereka yang sesuai dengan target market Anda. Dan menerapkan strategi SEO adalah salah satu jawabannya. Anda bisa mencari jasa optimasi SEO profesional sebagai mitra untuk memasarkan web Anda, ataupun dengan melakukannya sendiri.

Memperbanyak jangkauan calon pelanggan

Keunggulan memiliki website dalam pemasaran digital berikutnya adalah jangkauan yang lebih luas. Anda bisa menjangkau target market tidak hanya orang-orang yang berada di sekitar toko atau tempat bisnis Anda. Orang lain bisa menemukan informasi mengenai bisnis Anda di internet. Dengan demikian, pemasaran bisnis Anda tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Selama di suatu wilayah bisa mengakses internet, maka informasi bisnis Anda bisa ditemukan oleh orang-orang di sekitar daerah tersebut.

Ini berarti, Anda tidak perlu membuka banyak ruko di kota lain untuk memasarkan bisnis Anda. Cukup dengan optimalkan strategi marketing website Anda, maka hal ini jauh lebih murah dibandingkan Anda membuka kantor/ruko secara fisik. Belum lagi dengan ribetnya administrasi perijinan, pajak dan sebagainya jika Anda membuka banyak toko/kantor.

Mempermudah memasarkan produk baru

Ketika ada produk baru, Anda dapat kapanpun menampilkannya di website dan memasarkannya agar orang-orang lebih cepat mengetahui update katalog produk Anda. Website adalah channel pemasaran dinamis, dimana Anda menguasai sepenuhnya terhadap kontrol konten yang termuat didalam website tersebut dan memiliki keleluasaan untuk mengupdate. Berbeda ketika Anda hanya memposting produk baru di marketplace atau media sosial, dimana Anda harus tunduk kepada kebijakan mereka karena Anda bukanlah pemilik, namun hanya sebatas pengguna.

manfaat website untuk bisnis, 13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Pusat edukasi pelanggan

Dengan adanya website, memungkinkan Anda tetap terhubung dengan pelanggan melalui konten-konten informatif. Misalnya Anda menjual fashion muslimah, Anda bisa membuat artikel mingguan berbagai tips dan informasi seputar inovasi dalam berbusana. Jadi pelanggan akan terus mengunjungi web Anda, sekalipun mereka tidak membeli produk. Karena mereka sudah menganggap bahwa konten di dalam website Anda sangat bermanfaat baginya.

Selain informasi, Anda juga bisa berbagi konten yang bersifat mengedukasi. Menambah wawasan pelanggan terhadap informasi yang berkaitan dengan produk Anda. Ingat!! Informasi yang dibagikan selain bermanfaat memang harus berkaitan juga terhadap produk Anda. Ini berarti tidak dianjurkan mengunggah konten yang bersifat berita global yang tidak memiliki irisan terhadap bisnis Anda.

Mempersingkat customer journey

Costumer journey adalah perjalanan seseorang dari yang belum pernah membeli produk Anda menjadi seorang pembeli. Semakin singkat customer journey, maka semakin baik sistem pemasaran Anda. Dengan adanya website, orang-orang yang menghubungi Anda sudah mendapatkan informasi dari konten produk yang tersedia di website. Misalnya, mereka sudah mengetahui spesifikasi produk yang diinginkan, mengetahui ketersediaan stok di gudang, dan juga mengetahui harganya.

Dengan begitu, ketika seseorang menghubungi Anda hanya untuk konfirmasi cara pemesanan, tidak berdialog dari awal karena sebagian besar informasi yang berkaitan dengan produk sudah diketahui calon pembeli. Maka pekerjaan sales Anda menjadi lebih mudah dan singkat. Jika prosesnya singkat, maka sangat memungkinkan terjadinya peningkatan kuantiti penjualan.

Meningkatkan trust bisnis

Trust atau kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Peningkatan kepercayaan akan memberikan dampat terhadap peningkatan jumlah penjualan dan pelanggan Anda. Dengan mencantumkan seluruh informasi mengenai bisnis Anda di website, akan mempercepat tumbuhnya rasa percaya pengunjung web terhadap bisnis Anda.

Anda bisa menuliskan sejarah berdirinya bisnis Anda, visi dan misi dan termasuk didalamnya mengunggah foto aktivitas bisnis Anda. Sehingga seseorang yang mengunjungi website Anda dapat mempelajari profile bisnis dan perusahaan Anda secara utuh.

Mempermudah melakukan transaksi penjualan

Selain untuk media marketing, website juga bisa menjadi media sales. Anda bisa melengkapi website dengan fitur e-commerce yang didalamnya memungkinkan seseorang untuk melakukan pemesanan dan sekaligus pembayaran. Sehingga tugas Anda hanya tinggal menerima pesanan yang datang dari website dan memprosesnya. Dari sini Anda bisa menghemat beban karena tidak harus memiliki tenaga sales dalam jumlah yang banyak. Semuanya sudah dilakukan secara otomatis by system.

Proses pembayaran bisa dilakukan dengan transfer antar bank, sehingga Anda sebagai penjual tidak perlu repot melayani uang tunai dan menyiapkan kembalian. Bahkan untuk website dengan fitur e-commerce canggih sudah dilengkapi dengan perhitungan keuntungan dari setiap transaksi. Dan Anda bisa mengontrol peningkatannya dalam satu dashboard.

Menekan biaya promosi/iklan

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mencetak flyer atau brosur sampai dengan menyebarkannya kepada orang-orang yang menjadi target market? Dan apakah Anda bisa mengukurnya dan mengoptimasinya? berapa banyak orang yang menerima brosur dan membacanya?

manfaat website untuk bisnis, 13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Dengan adanya website, yang sudah terintegrasi dengan sistem tracker statistik, Anda dapat mengetahui secara pasti berapa pengunjung website, kemudian di halaman mana yang paling banyak dilihat, dan berapa rata-rata waktu mereka singgah di web Anda. Tak hanya behavior pengguna saja, Anda bisa juga mengetahui domisili dari mana saja orang yang mengunjungi website Anda, berapa usianya dan jenis kelaminnya.

Anda tidak perlu lagi membuat brosur, memasang iklan di koran atau bahkan baligo di reklame. Karena dengan website, semuanya sudah tergantikan. Dan tentunya ini akan memangkas memangkas biaya iklan Anda.

Mengetahui minat dan trend market

Website yang sudah terintegrasi dengan statistik tracker akan lebih mudah mengetahui perilaku penggunanya. Anda dapat melihat produk mana yang paling diminati, dan dari situ bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Misalnya, Anda bisa mengunggah mock up foto produk yang akan launching sebelum produksi secara massal. Lalu lihat seberapa banyak orang yang menanggapi dan tertarik untuk membelinya.

Dengan begitu, trend market akan terpantau setiap saat. Jadi memiliki website bukan sekedar pengganti wujud fisik toko Anda dalam bentuk digital.

Meningkatkan brand awareness

Brand awareness adalah fase dimana orang-orang mengetahui keberadaan bisnis Anda. Ini merupakan tahap awal sebelum mereka tertarik untuk membeli produk Anda langsung. Dengan adanya website, eksistensi bisnis Anda di internet bisa dijangkau oleh calon pelanggan dimanapun mereka berada. Semakin banyak orang tahu, semakin besar kemungkinan mereka menjadi pelanggan Anda. Karena semakin kecil kemungkinan seseorang untuk membeli produk Anda sementara mereka tidak mengetahui apa brand Anda dan juga manfaatnya untuk mereka. Terlebih lagi jika produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki value lebih dibandingkan dengan kompetitor.

Jika Anda menginginkan peningkatan brand awaraness untuk orang-orang yang berada dekat dengan Anda (satu wilayah), akan lebih efektif lagi jika mengoptimalkan akun Google Bisnis. Lebih lengkap tentang cara daftar dan optimasinya, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul “mendaftar Google bisnis“.

Pusat database pelanggan

Mungkin Anda pernah mengunjungi satu halaman website kemudian Anda diminta mengisi database dan kontak pribadi Anda. Dan biasanya si pemilik website akan memberikan benefit untuk Anda. Entah itu berupa bonus ebook, akses artikel premium. Jadi website bisa digunakan untuk menghimpun data pelanggan Anda. Bisa berupa nomor telefon, whatsapp atau email. Sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi kembali mereka kapan saja, terutama ketika ada penawaran baru.

Selain database berupa kontak pribadi, Anda juga bisa menjadikan website sebagai database virtual. Terutama jika Anda menjalankan juga campaign di facebook, bisa memasang pixel facebook di website. Pixel adalah jejak pelanggan yang datang dari facebook. Dengan adanya pixel di website, Anda dapat melakukan strategi retargeting iklan. Dengan strategi retargeting, budget iklan akan lebih murah dengan sasaran audiens yang efektif.

Meningkatkan reputasi Business to Business (B2B)

Jika tipe bisnis Anda adalah B2B, keberadaan website akan sangat mempengaruhi reputasi perusahaan/bisnis Anda. Karena perusahaan lain yang akan bermitra dengan Anda akan mendapatkan informasi yang komprehensif seputar profil dan juga layanan bisnis yang Anda miliki. Secara sederhana, dapat dikatakan dari segi formalitas, Anda akan lebih mudah meningkatkan reputasi.

Bisa saja di halaman bisnis melampirkan akta pendirian perusahaan, atau berkas-berkas pendukung lainnya. Dengan begitu, orang yang akan bermitra dengan Anda lebih cepat meyakini kapasitas bisnis Anda sebagai institusi resmi, bukan abal-abal.

Meningkatkan omset bisnis lebih mudah

Terjadinya peningkatan omset bisnis adalah idaman bagi para pengusaha. Semakin besar omsetnya maka akan semakin luas lagi kapasitas bisnis Anda dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Dari semua benefit yang telah Anda ketahui pada point sebelumnya, tentu ujungnya adalah harapan terjadinya peningkatan omset bisnis. Apabila partner atau klien sudah melihat reputasi Anda, mengetahui manfaat produk dan layanan Anda, maka peluang terjadinya transaksi akan lebih besar lagi.

manfaat website untuk bisnis, 13 Manfaat Website untuk Bisnis dan Pemasaran

Anda bisa mengintegrasikan transaksi yang ada di website dengan standar keuangan di perusahaan Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah melakukan evaluasi penjualan. Mengetahui sisi mana yang masih belum optimal dan harus ditingkatkan, ataupun yang sudah optimal dan harus dipertahankan.

Kesimpulan Manfaat Website untuk Bisnis

Sampai disini Anda sudah mengetahui apa saja manfaat membuat website untuk bisnis dan perusahaan Anda. Website sudah menjadi media yang wajib dimiliki oleh siapapun yang memanfaatkan internet sebagai media marketing.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini, agar semakin memantapkan pengetahuan Anda tentang web, mari kita ulas kembali, inilah 13 manfaat website untuk bisnis dan perusahaan Anda.

  1. Memperbanyak jangkauan calon pelanggan
  2. Mempermudah memasarkan produk baru
  3. Pusat edukasi pelanggan
  4. Mempersingkat customer journey
  5. Meningkatkan trust bisnis
  6. Mempermudah melakukan transaksi penjualan
  7. Menekan biaya promosi
  8. Mengetahui minat dan trend market
  9. Meningkatkan omset bisnis Anda
  10. Pusat database pelanggan
  11. Meningkatkan reputasi Business to Business (B2B)
  12. Meningkatkan omset bisnis lebih mudah

Sampai disini, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat website untuk bisnis dan pemasaran. Jika saat ini bisnis Anda masih belum memiliki website, sebaiknya segera untuk membuatnya. Tentunya jangan asal membuat saja, tapi juga harus dimaintenance agar fungsi website sebagai pemasaran berjalan sesuai dengan harapan.

Apabila Anda ingin mencari jasa pembuatan website + maintenance SEO, silahkan klik link di bawah ini untuk mengetahui fitur dan harganya:

Jasa Pembuatan Website Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp