, Panduan Lengkap Email Marketing

Artikel

Panduan Lengkap Email Marketing

Kalau kemarin kita udah bahas bagaimana cara meningkatkan engagement dan follower instagram, kali ini kita akan membahas strategi dalam membuat email marketing agar lebih efektif.

, Panduan Lengkap Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi marketing online yang sudah sering diimplementasikan oleh berbagai macam bisnis. Namun masih banyak yang bingung gimana caranya mengukur kesuksesan dari email marketing tersebut, kira-kira apakah hanya dengan melihat dari jumlah banyaknya kontak email yang didapatkan itu cukup?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melihat banyaknya orang yang membuka email Anda atau open rate email dan juga melihat banyaknya orang yang mengklik link di email tersebut. Kedua cara ini bisa menjadi gambaran untuk melihat apakah strategi marketing Anda berjalan sukses atau tidak.

sebelum Saya jelasin strateginya, Saya mau jelasin dulu nih kenapa sih email open rate itu penting banget? Salah satu alasannya karena semakin banyaknya orang yang membuka email Anda itu artinya semakin banyak orang yang mengetahui informasi, penjualan atau promosi yang Anda tawarkan. Jadi itu artinya itu akan meningkatkan penjualan dan reach Anda.

Sekarang Saya mau kasih tahu Anda strategi agar email marketing Anda memiliki open rate yang tinggi yang juga pastinya akan membantu optimasi dari email marketing Anda.

Berikut adalah beberapa strategi agar email marketing Anda memiliki open rate yang tinggi.

Pastikan bahwa email list Anda terupdate

Jika Anda sudah menggunakan email marketing, pastinya Anda sudah memiliki email atau daftar email para pelanggan. Untuk meningkatkan open ratenya pastikan bahwa email tersebut adalah email-email yang masih aktif. Jangan takut untuk menghapus beberapa pelanggan atau email yang sudah tidak aktif lagi atau sudah tidak berinteraksi lagi dengan Anda.

Segmentasikan daftar email Anda

Salah satu alasan utama seseorang membuka email adalah karena isi dari email tersebut sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan juga inginkan. Untuk memulai segmentasi daftar email, Anda bisa mulai dengan menandai beberapa pelanggan newsletter Anda sesuai dengan minat mereka contohnya. Segmentasi daftar pembeli atau bukan. Pada dasarnya dengan melakukan daftar segmentasi, email yang Anda kirim kepada orang yang pernah belanja di website Anda pastinya akan berbeda dengan email yang akan Anda kirim kepada orang yang belum pernah belanja di website Anda.

Dengan mengetahui siapa dan apa yang mereka butuhkan, Anda bisa menulis isi dan subjek email yang sesuai dan juga memastikan bahwa orang-orang tersebut akan membaca dan membuka email Anda. Dari situ Anda bisa meningkatkan email open rate Anda.

Jangan sampai email Anda terdeteksi sebagai spam

Spam filter memang sudah jauh lebih baik dalam menyaring email yang masuk ke inbox namun terkadang masih ada nih beberapa email yang juga kadang masih masuk ke spam folder. Nah untuk meningkatkan dan juga memaksimalkan email marketing Anda, pastikan bahwa email Anda bebas dari hal-hal yang dapat menandai email tersebut menjadi spam.

Baca juga:  5 Tools Gratis Optimasi Instagram

Perhatikan waktu pengiriman email Anda

Waktu pengiriman email menjadi salah satu hal yang terkadang dianggap remeh. Padahal waktu pengiriman berpengaruh sangat besar terhadap open rate dan juga memastikan apakah penerima membaca email tersebut atau tidak. Hari terbaik untuk mengirimkan email adalah di hari biasa atau weekdays dan waktu terbaik adalah di waktu pagi hari. Pada dasarnya Anda harus bisa membayangkan kehidupan para audience, kira-kira kapan mereka aktif, kapan mereka punya waktu untuk membuka dan membaca email.

Buat subjek (judul) yang menarik perhatian

Dari sebuah email, judul adalah hal pertama yang pastinya dilihat oleh para penerima email. Judul juga harus merepresentasikan isi email secara keseluruhan. Pastikan bahwa judul email Anda dapat menarik perhatian para pelanggan/subscriber newsletter Anda. Coba deh bikin judul lainnya yang menarik dan juga sekreatif mungkin. Agar menarik perhatian para penerima email untuk membuka email tersebut.

Dari berbagai pengalaman, judul yang memberikan open rate tinggi adalah judul yang ditulis dengan menyertakan unsur angka dan juga impact secara jelas. Misalnya “4 Cara Cepat Menjual di Internet untuk Hasil Berlipatganda”

Tulis email Anda seakan-akan Anda hanya mengirimkan email tersebut kepada seseorang

Akan lebih efektif jika Anda menulis email seperti Anda menulis email pribadi, dan juga isi pesan yang personal. Karena dari situ target audiens Anda akan merasa lebih diperhatikan secara personal dan tidak melihat email tersebut sebagai email komersial.

Untuk menulis email yang lebih personal pastikan Anda juga memahami target audience Anda. Cari tahu apa yang mereka suka, apa yang mereka butuhkan dan juga apa yang mereka tidak sukai. Buat konten sesuai dengan kebutuhan dan juga kesukaan mereka. Pastikan Anda juga menggunakan kata-kata yang menarik sehingga itu akan menarik perhatian para pelanggan atau audiens Anda untuk membaca email tersebut.

Perhatikan kualitas konten email

Jangan sampai Anda mengirimkan email tanpa memperhatikan kualitas konten tersebut. Saat Anda mengirimkan email, pastikan email tersebut memiliki konten atau suatu nilai yang dapat membantu penerimanya. Mengirimkan email dengan kualitas konten yang tinggi pastinya pelanggan Anda akan menjadi pelanggan yang setia dan pastinya akan meningkatkan open rate. Hindari menulis email dengan direct selling, atau menawarkan jualan secara langsung, karena itu akan sangat berdampak buruk.

Pastikan mobile friendly

Pastikan bahwa email Anda mobile friendly dan menggunakan format yang responsif. Sehingga mudah untuk loading media seperti image dan juga video. Perlu diingat juga bawah layar handphone akan berukuran lebih kecil, sehingga judul email yang panjang tidak dapat terbaca secara lengkap di layar handphone.

Semoga bermanfaat ya kalau Anda punya pertanyaan langsung aja tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial Anda, agar teman-teman Anda mengetahui informasi cara meningkatkan open rate email marketing.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp