Artikel

Perbedaan SEO Off Page dan On Page

Kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya membuat brand bisnis Anda mudah ditemukan juga mudah dikenal oleh orang. Kira-kira Anda sudah tahu saya akan membahas topik apa?

Yes bener banget kita akan membahas mengenai SEO…!!

Penasaran kan?

, Perbedaan SEO Off Page dan On Page

Saya akan membahas dua cara search engine optimization (SEO) yaitu dengan teknik On Page dan juga Off Page.

Bagi kalian yang belum tahu on page dan off page  itu apa sih…tenang aja saya akan jelasin. SEO on page ini adalah faktor-faktor yang berada langsung di halaman website Anda. Semakin baik optimasinya pastinya semakin besar peluang halaman situs Anda ditampilkan di halaman pertama di mesin pencarian google

SEO On Page

Nah kira-kira optimasi on page seperti apa yang harus dilakukan agar website kita lebih baik SEO nya?

SEO On Page adalah proses optimasi SEO yang berada di halaman website. Pastikan setiap halaman website teroptimasi dengan baik agar memiliki reputasi baik juga di mata search engine. Lalu bagaimana cara optimasi SEO on page yang benar?

URL Mengandung Kata Kunci

Pertama buatlah URL setiap halaman lebih singkat dan upayakan mengandung kata kunci. Ini adalah salah satu poin yang utama. Karena semakin URL singkat akan semakin mudah diingat oleh pengunjung, dan dengan adanya kata kunci akan mempermudah google mengenali isi artikel tersebut. Nah untuk menyingkat URL, bagi Anda pengguna wordpress bisa melakukan pengaturan pada bagian permalink. Atau bisa juga menggunakan url shortener, maupun 301 redirect untuk meredirect dari url panjang Anda ke url pendek.

Riset LSI Keyword

Yang kedua, sebelum membuat konten lakukan riset LSI keyword atau (latent semantic indexing). Hal ini bertujuan untuk memunculkan kata kunci yang disarankan bagi pengguna. Google akan mencari kata kunci utama pada judul konten dan memeriksa relevansi judul dengan isinya. Apabila judul yang ditemukan kurang sesuai dengan kontennya, maka google bot akan mencari LSI dalam konten tersebut untuk mendapatkan satu kata atau bagian kata ataupun kelompok kata yang berkaitan.

Jadi sebaiknya gunakan sebanyak minimal 3 LSI dalam konten yang Anda buat dan pastikan ketiganya memiliki keterkaitan antar kata kunci satu dengan lainnya agar google bot juga dapat mengenali bahwa kata-kata tersebut adalah penting.

Konten Panjang dan Berkualitas

Ketiga, buatlah konten yang cukup panjang dimana memiliki kurang lebih 500 kata. Karena berdasarkan survei website yang menempati 3 posisi teratas atau tempat terbaik biasanya memiliki lebih dari 1000 kata

Gunakan Heading Tag

Sudah tahu apa itu heading tag? Misalnya untuk judul halaman gunakan tag H1 dan letakkan kata kunci di bagian depan. Jika ada lagi sub-judulnya maka gunakan H2, H3 H4 dan seterusnya. Kata kunci yang diletakkan di bagian depan akan jauh lebih baik daripada kata kunci yang diletakkan di bagian tengah maupun di akhir judul.

Eksternal Link

Dengan menambahkan external link di website Anda, website Anda akan terlihat lebih natural dan google pun tidak hanya melihat bahwa Anda hanya mengincar SEO semata. Namun yang harus diperhatikan, usahakan link eksternal yang Anda tautkan berkualitas. Contohnya Anda memberikan link ke situs universitas, situs berita atau situs lembaga riset yang kredibel. Karena hal tersebut mempengaruhi relevansi dan juga tingkat terpercayanya suatu halaman bagi google.

Internal Link

Anda dapat menaruh link dari halaman atau artikel lama Anda di artikel baru yang memiliki topik saling berkaitan. Dengan begitu  Anda dapat mengarahkan pengunjung website Anda untuk mengunjungi halaman atau artikel lainnya di dalam website Anda. Termasuk juga memberitahu google bot untuk mengecek halaman lainnya di website.

Cara ini juga sangat efektif untuk menurunkan bounce rate suatu halaman. Karena semakin kecil bounce rate maka semakin bagus halaman tersebut di mata google.

Loading page

Anda harus dapat memaksimalkan kecepatan loading website . Kali ini saya saranin untuk berinvestasi pada penyedia jasa hosting terbaik untuk menghindari halaman yang crash karena banyaknya pengunjung yang datang mengunjungi website Anda. Anda juga harus memastikan script website berjalan dengan baik, tidak terlalu memberatkan proses loading.

Mobile friendly

Pastikan website Anda mobile friendly, netizen zaman sekarang sudah sering mengakses semua website itu lewat handphone daripada lewat komputer. Bahkan google sendiri sudah meluncurkan mobil site indexing, dimana google akan lebih mengutamakan website yang sudah mobile friendly.

Lengkapi Konten dengan Multimedia

Dan yang terakhir lengkapi website dengan konten multimedia seperti foto, video, animasi, atau infografis untuk membuat website Anda menjadi lebih menarik dan juga interaktif. Selain itu, menampilkan foto atau infografis pada konten Anda akan memberitahu kepada google bahwa konten Anda memiliki kualitas yang baik dan lengkap.

SEO Off Page

Nah kalau tadi kita udah bahas mengenai SEO on page, sekarang saatnya saya akan memberikan tips mengenai optimasi off page SEO untuk membuat website mendapatkan peringkat lebih baik di hasil pencarian google.

Berbeda dengan On Page, pada teknik SEO Off Page ini optimasi yang dilakukan mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan pada halaman website. Untuk mencapai optimasi SEO tak hanya cukup dengan membenahi pada website ataupun brand Anda. Anda juga harus meningkatkan reputasi diluar website, sehingga pengunjung Anda juga tertarik untuk mengunjungi website Anda atau mempelajari bisnis milik Anda.

Kenapa sih off page SEO itu penting?

Pada dasarnya prinsip kerja off page SEO akan memberitahu search engine seperti google, bagaimana pendapat para pengunjung mengenai website Anda. Sehingga dapat membantu untuk mempercepat menaikkan otoritas website dan juga meningkatkan visibilitas website di Google. Teknik ini juga akan membuat pengunjung website menyebut brand Anda dan juga menautkannya ke konten website Anda.

Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan off page.

Link Building

Yang pertama dan yang terpenting adalah metode link building. Ini adalah metode yang paling populer dan juga paling efektif. Semakin banyak dan semakin berkualitas link referensi yang Anda dapat dari website lain ke website Anda itu akan membantu website Anda akan lebih cepat di index oleh google dan naik peringkat di search engine. Pastikan website Anda memiliki konten yang berkualitas, agar memancing orang lain untuk menjadikan website Anda sebagai sumber informasi untuk konten di website mereka.

Social Signal

Anda dapat menggunakan sosial media Anda untuk meningkatkan brand awareness Anda. Semakin banyak orang yang menemukan sosial media Anda semakin besar kesempatan mereka untuk mengunjungi website Anda. Google akan menilai, seberapa banyak orang yang membagikan konten website Anda di sosial media. Semakin banyak orang-orang yang menyebut domain website atau URL halaman web Anda, maka semakin baik reputasinya dimata google.

Optimasi Lokal SEO

Meski kelihatan yang sama dengan yang lainnya namun sangatlah berbeda karena lokal SEO berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan sesuai dengan lokasi para pengguna saat itu. Untuk menggunakan lokal gunakan googlebusiness page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan.

Google menyatakan bahwa sekitar 87% orang menggunakan ponsel mereka selama perjalanan, dan sekitar 95% orang menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi lokal.

Kesimpulan Optimasi SEO

Baik.. kita sudah bersama-sama menyimak apa itu SEO On Page dan juga SEO Off Page serta tips-tips untuk optimasinya. Memang untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian google tidak bisa instant. Perlu proses yang harus Anda lakukan secara konsisten untuk memberikan dampak nyata terhadap bisnis Anda.

Namun apabila Anda merasa kesulitan melakukannya, dan juga tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa menggunakan Jasa Optimasi SEO terpercaya. Untuk melihat penawaran lengkapnya, silahkan cek link di bawah ini.

Jasa SEO Bergaransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp