fbpx
STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK B2B

Strategi Konten Digital Marketing untuk B2B (Perusahaan)











Digital Marketing untuk B2B Baru-baru ini saya membaca laporan pemasaran konten b2b dari Brian Dean di backlinko.com, dan dari informasi tersebut sangat berguna untuk saya dan Anda para pemasar atau owner bisnis dalam melakukan pemasaran b2b di luar sana. Nah pada artikel ini saya akan mengulas apa saja yang harus dilakukan perusahaan besar dalam menjalankan strategi konten marketing.

Digital marketing untuk b2b tentu berbeda dengan pemasaran b2c. Dimana b2c bisa dengan lebih mengedepankan pendekatan personal, karena targetnya adalah perorangan (calon pelanggan). Sedangkan b2b, target marketnya adalah lembaga atau perusahaan. Tentunya sebuah perusahaan atau organisasi, tidak bisa mengambil keputusan secara langsung secara perseorangan untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Oleh karena itu sudah pasti pendekatan melalui konten marketing pun sangat berbeda.

Melihat Report Konten Marketing B2B dari Backlinko

Kita akan memulai pembahasan ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang konten perusahaan Anda yang telah berjalan sampai dengan saat ini. Sehingga setelah membaca artikel ini kita akan mengetahui pendekatan pemasaran dan apa yang harus dilakukan lebih banyak pada tahun 2021.

Berapa banyak perusahaan b2b yang sudah memiliki blog?

Konten jenis apa yang sudah diterbitkan?

Berapa banyak pembaca blog organik tersebut setiap bulannya?

Bagaimana membuat konten bekerja lebih banyak dan menghasilkan prospek lebih tertarget?

Backlinko.com telah membuat sebuah penelitian dalam menganalisa platform pemasaran dari sampel penelitian yang terdiri dari beberapa perusahaan. Saya akan sajikan beberapa screenshot hasil penelitiannya, sekaligus untuk menjawab beberaa pertanyaan yang sebelumnya sudah Anda baca.

Sebanyak 72% Perusahaan B2B Sudah Memiliki Blog

Ini adalah kabar yang sangat baik, dengan blog ini bisa menjadi salah satu saluran untuk mengedukasi perusahaan lain terkait jasa atau produk yang Anda sediakan termasuk bisa juga didalamnya sekaligus mencantumkan profil perusahaan Anda. Isi blog seperti ini sudah sangat benar, kita harus benar-benar memberi tekanan pada seberapa bagus konten kita dalam memberikan informasi yang benar dan memberikan edukasi kepada pembaca yang akan menjadi prospek ketika mereka tiba di situs web Anda.

Memang secara mayoritas web perusahaan sudah memiliki blog, akan tetapi seberapa bagus konten yang disajikan itu adalah pertanyaan utamanya.

Apakah Anda hanya memiliki blog namun tidak pernah mengukur efektivitasnya?

Mungkin Anda sudah menyewa tenaga freelance untuk membuat konten blog secara berkala, tetapi apakah Anda pernah sesekali untuk bertanya pada diri sendiri, seberapa bagus konten yang dipublikasian oleh penulis lepas Anda di blog? Apakah strategi keseluruhan sudah benar-benar bekerja sebagai media pemasaran efektif untuk Anda?

Sudah saatnya Anda memberikan perhatian sejenak, dan lakukan refleksi jujur ‚Äč‚Äčtentang keberhasilan dan relevansi konten Anda. Jangan sampai konten di blog Anda asal jadi.

61% Perusahaan B2B Menggunakan WordPress sebagai CMS (Content Management System)

persentase jumlah perusahaan pengguna wordpress

Wow ini berarti mempelajari wordpress adalah keterampilan utama untuk tim pemasar di perusahaan Anda. Memang sudah bukan rahasia umum lagi, jika CMS wordpress sudah terbukti menjadi platform yang lebih mudah digunakan. Karena CMS ini bersifat opensource, artinya setiap orang di dunia bisa mengembangkan platform ini.

Dan manfaat bagi perusahaan akan lebih sedikit waktu untuk membuat website mereka dan lebih cepat melangkah untuk berorientasi mencapai tujuan, tanpa harus berlama-lama dengan teknis pemrograman website. Biaya pembuatannya pun relatif lebih murah, dan Anda bisa menghubungi ultimatoom.com apabila membutuhkan jasa setup wordpress untuk perusahaan Anda.

Blog Edukasi Menerima 52% Lebih Banyak Traffic Organik daripada Blog Berita Internal Perusahaan.

Saya pikir ini sudah jelas, pada tahun 2021 ini, jangan terlalu banyak membicarakan perusahaan dan produk Anda produk sepanjang waktu, karena tidak ada orang yang ingin secara konsisten mendengar tentang seberapa baik Anda. Karena mereka hanya akan fokus pada seberapa banyak perusahaan Anda memberikan apa yang mereka butuhkan. Mereka tidak mencari berita tentang perusahaan Anda, kecuali merk Anda sudah besar dan orang-orang ingin tetap mengikuti perkembangan perusahaan Anda

65% dari Perusahaan B2B Menggunakan Gambar Ilustrasi di Posting Blog Mereka

Sekilas ini memang bukan masalah besar tapi ketika saya membaca ini, spontan muncul pertanyaan di kepala saya bagaimana jika Anda tidak menggunakan gambar stok/ilustrasi, bisakah konten blog perusahaan Anda lebih menonjol dibandingkan konten perusahaan lainnya jika Anda tidak menggunakan gambar stok dan mulai menggunakan gambar nyata.

Gambar atau foto nyata ini bisa saja itu termasuk tim Anda, event yang sedang berlangsung, intinya bagaimana menggunakan gambar yang lebih natural yang tidak dipoles yang diambil oleh tim itu sendiri, saya pikir ini adalah pertanyaan yang layak diuji coba dampaknya saat menulis sebuah blog. Ini menjadi masukan juga untuk ultimatoom.com untuk kedepannya dalam membuat konten blog agar menggunakan foto real.

23% Blog B2B Tidak Memiliki Ajakan untuk Bertindak (CTA = Call To Action)

Ini sangat disayangkan, tidak menambahkan CTA itu berarti Anda telah melewatkan kesempatan untuk menggerakkan pembaca Anda menjadi prospek. Ada baiknya penggunaan CTA ini Anda sampaikan kepada penulis blog, agar menjadi standar baku dalam setiap penerbitan konten.

Dengan memikirkan CTA yang harus ada dalam setiap blog yang ditulis, ini berarti Anda pun harus mengidentifikasi tujuan untuk posting blog itu terlebih dahulu. Apakah untuk mengarahkan pembaca agar menghubungi Anda, atau agar mengisi form berlangganan artikel yang disediakan pada akhir tulisan?

Karena sangat disayangkan, jika tidak ada CTA maka orang yang sudah membaca tulisan Anda akan pergi begitu saja. Jadi Anda hanya terhubung sementara saja dengan mereka, yang selanjutnya mereka akan melupakan website Anda.

Strategi Konten Digital Marketing untuk B2B yang Ampuh Mendatangkan Prospek

Mari kita mulai pembahasan inti kita. Dari pemaparan diatas, sebenarnya kita sudah bisa sedikit menyimpulkan hal apa saja yang seharusnya dilakukan untuk strategi konten digital marketing B2B untuk memperluas jangkauan kepada perusahaan calon klien Anda.

Beberapa orang bertanya kepada saya, apakah media sosial efektif digunakan untuk konten marketing B2B. Secara singkat saya jawab : Bisa saja! namun pastinya konten grafis yang digunakan, pemilihan gaya bahasa saat menulis caption tentu akan jauh berbeda dibandingkan pemasaran B2C.

Saya lebih menyarankan untuk mengaktivasi konten marketing di website melalui optimasi SEO. Karena SEO bisa dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang bersifat jangka panjang. Meskipun memang dibutuhkan effort yang tidak sederhana untuk mengoptimasinya. Akan tetapi, semuanya akan terbayar jika konten marketing website Anda berhasil mendatangkan banyak prospek setiap harinya.

Jika masih ada diantara Anda yang membaca artikel ini dan belum tahu perihal SEO, silahkan untuk googling pengertiannya melalui artikel lain yang Anda temukan dari mesin pencari.

SEO memberikan efek jangka panjang, sehingga dari sudut pandang investasi ini sangat menjanjikan untuk sekelas perusahaan. Anda mengeluarkan budget yang tidak sedikit namun untuk hasil yang lebih lama dan terukur.

SEO saja tidak cukup, karena itu hanyalah penerapan strategi penempatan website kita agar berada di halaman satu google. Dan SEO ini bagian dari strategi konten marketing, hanya saja SEO lebih fokus kepada algoritma, sedangkan untuk user atau pembaca website kita perlu konten yang membangkitkan engagement. Dimana orang-orang bisa berinteraksi dengan kita setelah membaca website, entah melalui email ataupun kontak customer service.

Untuk menjaring prospek perlu membuat lead magnet. Anda bisa membuat semacam brosur online, atau katalog untuk didownload yang didalamnya berisikan informasi yang ingin diketahui oleh pembaca. Dengan begitu orang akan tergerak untuk menghubungi Anda atau mungkin mengirimkan data kontak pribadinya melalui formulir yang telah disediakan. Dan mereka tergerak itu dikarenakan karena ada lead magnet.

Kesimpulan

CMS WordPress adalah web platform yang sangat tepat dipotimalkan sebagai media digital marketing untuk B2B. Akan tetapi dalam pembuatan dan penulisan kontennya, sebaiknya perhatikan point-point hasil penelitian yang telah dilakukan oleh backlinko tadi.

Dan mulailah berinvestasi dengan optimasi SEO. Anda bisa merumuskan stratego SEO apa yang akan digarap bersama tim dalam satu divisi digital marketing. Atau bisa juga dengan bermitra bersama ultimatoom.com untuk penanganan optimasi SEO website perusahaan digital marketing Anda, dengan cara mengisi form berikut ini >> Kontak Ultimatoom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *